Kunjungan Tim Kominfo dan Dinpermasdes Grobogan ke Desa Plakaran

berfoto di Balai Desa Plakaran dengan bu Kades Plakaran dan perangkat

TimGrobogan mendengarkan pemaparan Admin Desa plakaran

Sekretaris Dinpermasdes, Relawan TIK, Bapermas dan Tim Grobogan

Senin, 24/09 Tim Kominfo dan Dinpermasdes berkunjung ke Puspindes Kabupaten Pemalang disambut oleh Sekretaris Dinpermasdes Sodiq, Bapermas Indarto, Relawan TIK dan Admin Desa Plakaran. tepat pukul 14.00 WIB seluruh Tim Kominfo dan Dinpermasdes disambut hangat oleh Sodiq dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Dinas Kominfo Grobogan dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Grobogan.

Kunjungan ini bertujuan dalam rangka belajar tentang Sistem Informasi Desa (SID) yang sudah berjalan di 211 (dua ratus sebelas) desa di Kabupaten Pemalang, Tim Grobogan menyanyakn perihal tentang awal mulanya ada Relawan TIK di Pemalang, Teknis di lapangan sehingga Admin Desa dapat aktif menggunakan Website, Sosial Media dan Sidekem Desa, juga anggaran yang timbul dari pengadaan SID di Seluuruh desa di Kabupaten Pemalang.

Awal mulanya ada Relawan ditanggapi langsung oleh Erni yang merupakan pioner dari adanya Relawan TIK yang ada di Puspindes, seluruh Relawan TIK merupakan sekumpulan anak muda yang nekat pulang kampung demi memajukan desa melalui TIK yang ada di desa, yang awalnya gerakan para Relawan TIK ini tanpa sepengetahuan Pemerintah Kabupaten Pemalang. diantara desa yang beruntung dijadikan tempat Relawan TIK menularkan ilmunya adalah Desa Pulosari dan Desa Jebet Utara. saat keberadaan Relawan TIK ini diketahui oleh Bupati Pemalang Junaedi yang sangat menyukai dunia TIK maka teman-teman Relawan TIK ini mendapat tempat khusus yang kini diberi nama PUSPINDES

ada juga Relawan Bowo, Relawan gatot dan teman-teman lain yang berjuang bersama memberdayakan masyarakat desa. termasuk kelembagaan yang ada di Desa diantaranya adalah PKK, Karang taruna. Relawan Bowo merupakan ahli jaringan. dan tower yang ada di desa merupakan kerjasama dengan pihak ketiga.

Admin Desa Plakaran memaparkan bagaimana keaktifannya di Sistem Informasi Desa untuk memudahkan masyarakat Desa menerima informasi Desa semudah melalui genggaman tangan. Mengapa hanya Admin Desa Plakaran? karena berita-berita di Desa Plakaran terus diupdate setiap harinya. minimal satu minggu sekali ada berita yang diupdate oleh Admin Desa Plakaran sehingga saat ”Tim Grobogan mencari berita website, Update berita dari Desa Plakaranlah yang muncul pertama dalam pencarian google” tukas Yasin, Tim Grobogan. itulah alasannya Tim Grobogan mendatangi Desa Plakaran.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published.