SDN 01 Plakaran Go Provinsi!!

Para Siwa-Siswi yang mengikuti lomba MAPSI di Tingkat Kecamatan bersama Khafidotun Nafsiyah,S.Pdi
Momen saat menerima Piala sebagai peraih peringkat 1 dan peringkat 6
Bahrul Ulum yang sangat ekspresif dan berapi-api menyampaikan Khitabah

Kebanggan dan penghargaan yang setinggi-tingginya untuk SDN 01 Plakaran dari Kepala Desa dan Pemerintah Desa Plakaran karena telah melalui rangkaian perlombaan Mata Pelajaran dan Seni Islami (MAPSI) di tingkat Kecamatan dilanjutkan ke tingkat Kabupaten dan berhak mengikuti lomba selanjutnya di tingkat Provinsi. MAPSI ini diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) Agama Islam baik KKG tingkat Kecamatan, KKG tingkat Kabupaten dan KKG tingkat Provinsi. Penyelenggaraan Perlombaan MAPSI ini berasal dari dana BOS.

Kegiatan perlombaan MAPSI ini dimulai sejak tanggal 20/10 di tingkat Kecamatan yang diselenggarakan di SDN 1 Banyumudal. untuk SDN 01 Plakaran sendiri mengirimkan 14 (empat belas) siswa yang mengikuti 8 (delapan) Cabang Lomba yang ada di MAPSI beberapa cabang yang tidak diikuti antara lain : Seni Khat dan Seni Kaligrafi. Berikut nama-nama cabang Lomba MAPSI yang diikuti oleh para siswa-siswi SDN 01 Plakaran diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Khitabah/Pidato yang diwakili oleh putra: Bahrul Ulum dan putri: Rizka
  2. Cerita Islami yang diwakili oleh putra: Ahmad Refandi dan putri: Zuhrotun Naila
  3. Macopat yang diwakili oleh: Dede Setiawati
  4. Adzan yang diwakili oleh Bagus Riyadi
  5. Tilawatil Qur’an yang diwakili oleh putra: Saroful Anam Ibnu Malik dan putri: Isnaeni Abna
  6. Hifdzil/Hafalan yang diwakili oleh putra: Azmi Khairil Afdila dan putri: Laelatul Badriyah
  7. LCC (Lomba Cerdas Cermat) yang diwakili oleh putra: M. Sadik dan putri: Ifa Maziatun
  8. GEBSATA (Gerakan Bacaan Sholat Fardhu dan Tartil Al-Qur’an) yang diwakili oleh putra: M. Abik Asauki dan putri: Daniati Alfi

Para Siswa-Siswi ini dibimbing langsung oleh guru pendidikan agam islam di SDN 01 Plakaran yaitu Khafidotun Nafsiyah. Berdasarkan penuturan dari ibu guru tersebut latihan untuk siswa-siswi ini berlangsung selama 2 (dua) minggu. Dengan hasil memuaskan di tingkat Kecamatan dengan menyabet 3 (tiga) piala yaitu Peringkat 6 baik putra maupun putri untuk cabang Tilawatil Qur’an dan berhasil meraih Peringkat 1 (satu) untuk cabang Khitabah putra yaitu Bahrul Ulum yang artinya Bahrul Ulum berhak mewakili SDN di Kecamatan Moga untuk mengikuti Lomba MAPSI di tingkat Kabupaten Pemalang. Persiapan semakin dimatangkan oleh Khafidotun Nafsiyah atau biasa disapa dengan nama Bu Ikha terhadap Bahrul Ulum.

Selama satu minggu latihan terus dipersiapkan dengan sangat matang, kemudian digembleng juga oleh Pihak Kecamatan Moga pada H-1 yaitu hari Jum’at, 26/10. Banyak revisi pada diksi kata yang digunakan pada teks Khitabah Bahrul Ulum dan dengan sigap langsung diperbaiki saat itu juga. Sabtu, 27/10 tibalah saat yang dinantikan bertempat di Kampus Pendidikan Muhamadiyah SD SMP SMK Kabupaten Pemalang dengan nomor urut 12 (dua belas) Bahrul Ulum tampil di depan para juri. Judul Khitabah “Man Jadda Wa Jadda” lah yang menghantarkan Bahrul Ulum meraih peringkat yang sangat memuaskan yaitu peringkat 1 (satu) dan berhak menjadi wakil SDN di Kabupaten Pemalang untuk mengikuti lomba MAPSI di tingkat Provinsi tepatnya akan diselenggarakan di Wonogiri pada tanggal 16 s/d 18/10.

Besar harapan para guru, Kepala Desa, Pemerintah Desa dan warga masyarakat Desa Plakaran agar Bahrul Umum dapat meraih kemenangan kembali di tingkat Provinsi dan dapat Go Nasional! aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *