Optimalisasi Website Desa bagi Admin Desa Plakaran

Para Peserta Pelatihan Website Desa. Foto oleh: Slamet Efendi

Selasa, 30/01 desa Moga, yang diwakili oleh Eka Resmi Ringin Niyarti selaku Admin Desa mengikuti  Pelatihan Optimalisasi Pengelolaan Website Desa di Pendopo Kecamatan Moga. Pelatihan ini dihadiri juga oleh perwakilan DINPERMASDES Kabupaten Pemalang PUSPINDES, perwakilan Kecamatan dan para Admin Desa di Kecamatan Moga

Pelatihan ini dijadwalkan diikuti oleh sembilan desa dari Kecamatan Moga. Adapun sembilan desa yang hadir pada acara tersebut, yaitu:

  1. Kebanggan
  2. Wangkelang
  3. Moga
  4. Sima
  5. Walangsanga
  6. Mandiraja
  7. Pepedan
  8. Plakaran
  9. Gendowang

Acara pada pagi hari tersebut dimulai pukul 10.00 WIB, dibuka oleh Sanusi selaku KASI PMD Kecamatan Moga dan dilanjutkan sambutan oleh Indarto selaku KASI Pengembangan Sistem Informasi Desa DINPERMASDES kabupaten Pemalang. Dilanjutkan acara inti tersebut yaitu Pelatihan Optimalisasi Website Desa oleh Tim PUSPINDES dengan memaparkan tema tentang Jurnalisme Warga.

“Acara ini merupakan tindak lanjut atas instruksi Bapak Gubernur (Jawa Tengah) agar seluruh Desa memiliki Website dan aktif untuk mengelolanya.” Ujar Indarto dari KASI Pengembangan Sistem Informasi Desa DINPERMASDES kabupaten Pemalang.

“Selain itu nanti juga akan diadakan Lomba Website Desa yang diadakan setiap tahun sebagai bentuk apresiasi kepada Admin yang sudah aktif mengelola website desanya masing-masing.” imbuhnya.

untuk diketahui bahwa program Peatihan Optimalisasi Website Desa ini sudah berlangsung sebelas kali, dimana pertama kali diadakan di Kecamatan Pemalang. Selain itu seluruh desa di Kabupaten Pemalang dengan total 211 desa sudah memiliki Website masing-masing namun hanya beberapa yang aktif dikelola dan digunakan untuk menyampaikan unformasi kepada masyarakat. karena hal tersebutlah diadakannya acara tersebut.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published.